Angry Birds untuk Facebook Akan Diluncurkan di Jakarta

Game Angry Birds merupakan game yang sukses di beragam perangkat bergerak. Kini, game yang terkenal dengan ikon burung pemarah ini akan masuk ke jejaring sosial Facebook.

Rovio, sebagai pengembang game ini, akan memperkenalkan seri Angry Birds versi jejaring sosial di hari Valentine, 14 Februari 2012. Dan kota yang dipilih untuk rilis adalah Jakarta. Pemilihan kota itu diungkap Peter Vesterbacka, Chief Marketing Officer Rovio, di sela peluncuran Nokia Asha 300 di Jakarta.

Menurut Peter Vesterbacka, Chief Marketing Officer Rovio, Jakarta dipilih sebagai tempat peluncuran resmi karena Jakarta merupakan "global capital of Facebook". Dari Jakarta saja, Facebook memiliki 17 juta pengguna, yang membuat Jakarta menjadi kota dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia.


Masuknya Angry Birds ke Facebook diakui Rovio sebagai strategi untuk memperluas pasar pemain Angry Birds di Asia. Setelah membangun kantor di Cina, pemain Angry Birds langsung melesat ke angka 300 juta.

Setelah peningkatan tersebut, Rovia menargetkan hingga 1 miliar pengguna. Masuknya Angry Birds ke Facebook, diharapkan bisa menyentuh angka itu, mengingat jumlah pengguna Facebook di Asia sangat tinggi. Salah satunya adalah Indonesia.

Serba Indonesia

Peter Vesterbacka, CMO Rovio mengatakan, dengan peluncuran di Jakarta, akan memungkinkan Rovio mengembangkan Angry Birds di Facebook dengan menambahkan unsur-unsur Indonesia. Batik, Garuda, dan Komodo adalah beberapa unsur yang bisa dkolaborasikan dalam permainan ini.

Untuk menentukan apa unsur Indonesia yang akan dimasukkan dalam game Angry Birds, Rovio dan Nokia menggelar kompetisi ide bagi pengembang mobile Indonesia. Pemenang kompetisi itu akan diajak ke Finlandia untuk magang di Rovio selama seminggu.

Vesterbacka mengklaim, 40 persen pemain Angry Birds tertarik untuk membeli perlengkapan untuk meningkatkan kemampuan game yang mereka mainkan. Maka, untuk beberapa fitur yang lebih kompleks di Facebook, game ini akan meminta pemain untuk membeli (in app purchase).

Selain dengan Facebook, Angry Birds juga telah bekerja sama dengan Samsung untuk memasukkan game ini di televisi pintar Samsung. Sebelumnya, game ini telah masuk ke platform ponsel Nokia Asha Series, melengkapi platform mobile sebelumnya yang telah masuk di berbagai ponsel pintar dan tablet.

Game ini memecahkan Guinnes Book World Record untuk gelar  “The Most People in a Mobile Phone Game Relay". Bekerja sama dengan Nokia, acara Angry Birds di Kuala Lumpur, Malaysia, 2011, dihadiri 9.000 orang yang memainkan game ini bersama-sama.KOMPAS.com - 

0 komentar:

Posting Komentar